:: The Anonymity ::

Fictional Stuff of My Non-fictional Life

ATTENDING FIM VII (part 4) On the way home…

Rencana awal, jam 4 sore (setelah penutupan) langsung meluncur ke Stasiun Jatinegara & langsung naik kereta ke Malang. Rupanya Allah berkehendak lain, sore itu hujan. Deres pula.

                Sempet agak2 panik juga gimana caranya pulang. Gyaaaa…

                Alhamdulillah sekitar jam setengah 5 sore dapet tumpangan ke Stasiun Pasar Senen bareng rombongan temen2 Yogya dan Semarang. Meski berdesak-desakan dalam satu mobil, yeah…nggak ada satu hal yang bisa didapat tanpa perjuangan. Dibetah-betahin deh duduk terjepit diantara manusia dan barang bawaan yang ada.

                Sekitar jam setengah 6 sore nyampe di Pasar Senen. Aku, Rachma, dan Mbak Zeni sempet bingung nyari kereta ke arah Surabaya. Ouwch…kalo dari Jatinegara sekitar jam setengah 7 ada kereta ke Surabaya, tapi dari Pasar Senen? Fiuuuh…

                Rachma pun minta tolong ke Pakde-nya (yang tinggal di Jakarta juga) buat nganter ke Pulo Gadung. Sembari nunggu, jadi nongkrong2 di depan Mushola. Tiga makhluk terdampar di sini, kelaperan pula hohoho ditemani rintik2 gerimis mengundang.

                Sekitar jam setengah 8 nyampe juga di terminal Pulo Gadung, kita emang mutusin buat pulang naik bis. Alhamdulillah dapet juga deh bis-nya (Jakarta-Surabaya). Jadi nggak enak nih ngrepotin Pakde-nya Rachma yang udah mbantuin nyariin tiket pulang. Hanya Allah yang bisa membalas…matur nuwun nggih.

                Awalnya, katanya, bis-nya berangkat jam 8 malem. Namun, sapa sangka sapa duga, kebiasaan buruk masyarakat Indonesia, molornya nggak ketulungan. Bis pun baru berangkat jam 11 malem. Rachma yang ada jadwal UTS hari Senen pagi terpaksa bolos, dibela-belain mbawa bahan2 ujian buat belajar di dalam bus tapi ya nggak ada jaminan bakal nyampe Surabaya sebelum jam 7 pagi. Emang pengorbanan itu berat, kawan!

                Well, I’m not used to sleep in the public transportation. Zuzah gitu bisa tidur di dalam bis, tapi ya mungkin karena waktu itu udah kecapekan banget (setelah outbound seharian) aku bisa tertidur meski nggak nyenyak.

                Pagi2 pas bangun, aiih…kepalaku pusing. Huwaduh, nggak enak badan jadinya. Mo sarapan lagi nggak nafsu makan, jadinya cuman diem doank di dalam bis, nyari posisi yang pe-we buat menghenyakkan diri.

                Hari itu sebenernya ada tugas dadakan yang musti dikumpulin Senen siang. Tugas bikin sebuah esai, mana dosenku ni agak perfeksionis tentang tugas2 yang musti dikumpulin on-time, no excuses. Alhasil, aku minta tolong ke temen sekelas buat nyalin esaiku. Jadinya aku ngirim beberapa sms tentang tulisan2 yang musti disalin ke beberapa paragraf. Baru kali ini aku bikin esai via sms langsung, wes nggak tau deh gimana jadinya tuh esai, yang jelas jadinya acak2an gitu. Udah nggak bisa mikir lagi gara2 nggak enak badan plus udah nggak tau apalagi yang mo ditulis.

                Dari pagi sampe siang, aku nyoba buat ngontrol diri biar nggak sakit berkepanjangan hehe. Ternyata yang aku butuhin waktu itu simpel aja, air. Aku cuman butuh air, emang bener deh air itu sumber kehidupan. Setelah ngabisin hampir satu setengah botol air, aku udah mulai “hidup” lagi. Sisa perjalanan yang mulai memasuki daerah Jawa Timur bisa dengan cukup kunikmati. Mungkin banyak orang yang nggak suka berada di perjalanan, aku sih bukan orang yang termasuk di situ. Aku paling suka merhatiin apa2 aja yang bisa aku lihat di perjalanan. Ngelewatin pasar ikan, hiruk pikuk jalanan, ngeliatin aktivitas masyarakat, sempet juga ngeliat laut, perahu2 nelayan, dunia ini emang dinamis dengan masyarakat yang punya banyak aktivitas. Yupz itu juga alasannya kenapa aku suka duduk di dalam kendaraan yang deket sama jendela, jadi bisa liat dunia luar.

                Lama2 jadi mikir lagi tentang FIM VII, hmmm…kembali ke kehidupan nyata sibuk ke rutinitas sehari-hari. Apa yang bisa aku lakuin? Kontribusi apa yang bisa aku kasih ke negeri ini? Inget2 lagi tentang semangat2 yang ada di dalam ruangan training di Cibubur bener2 ngebuka wawasan baru, tapi apa cuman sampe di situ aja?

                Total actions after training!!! That’s important. Istilahnya tetep ber sa’i dan jangan sampe keluar dari garis orbit. Terus bergerak, dinamis, dan langsung beraksi. Hiyaaa…belum lama aja aku udah kangen sama sahabat kunang2 di FIM VII.

                Back to the bus, uhm…di bis-nya sih tertulis executive class tapi jangan tanya deh gimana jalannya nih bis. Bunyi kriek…krriek…mengalun dengan “syahdunya” setiap kali ada jalan yang nggak rata. Goyang sana goyang sini di jalan bergelombang. Ajeb-ajeb dech di jalan. Sempet juga denger suara glodhak…glodhak…tsah nih bis antik banget. Tentang AC-nya? Lumayan sih, tapi lha kok sempet2nya ada yang ngerokok. Sebel be-ge-te jadinya, apa sih maunya orang2 yang ngerokok itu. Aku geraaaamm!

                Jam 4 sore sampai-lah di Surabaya. Say good bye sama Mbak Zeni dan Rachma… Aku pun masih harus ngelanjutin perjalanan. Masih butuh waktu sekitar 2 jam lagi buat sampai ke rumah. Alhamdulillah dapet juga bisa Surabaya-Malang. Bis-nya kali ini kalem, adem, langsung tepat sasaran (apa coba?), jadi nggak kerasa deh tiba2 udah nyampe terminal Arjosari Malang.

                Jam 6 sore udah nyampe terminal Arjosari. Kalo naik angkot sih masih butuh dua kali naik angkot lagi buat sampe rumah, ya alhamdulillah bisa dijemput. Jadinya sampe rumah sekitar jam setengah tujuh malam. Perjalanan yang cukup panjang.

                Di rumah langsung mandi, ngeluarin semua baju kotor buat dicuci…daaaan makan. Huwahahaha…pas nyampe rumah baru sadar deh kalo laper. Seharian ni emang nggak makan nasi, jadinya di rumah pas ketemu nasi langsung deh ni cacing2 dalem perut sorak-sorai bergembira hihi.

                I’m home, back to reality!

May 9, 2009 - Posted by | FIM VII, Forum Indonesia Muda, Haiyaaa, I just run!!! | , , ,

1 Comment »

  1. waduh…mb’endah!!
    jangan di expose gtu dunk..
    aku maluuuuuu,….
    huhuhuhu

    Comment by rachma | May 11, 2009 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: