:: The Anonymity ::

Fictional Stuff of My Non-fictional Life

Untuk apa menjadi pembelajar?

Yeah, besok ada ujian buat mata kuliah “Belajar dan Pembelajaran” dengan 12bab yang cukup banyak dan isinyaaaa? teeeooooorrrriiiii semua,,,huwah sampe mumet teori mana yang punya siapa ato siapa yang punya teori yang mana.

Isinya emang tentang teori2 pembelajaran, ada tentang teori kognitif, teori konstruktivisme, teori sibernetik, teori humanistik, teori behavioristik, teori deskripti&preskriptif___belom lagi tentang tokoh2nya ada Piaget, Vgotsky, Thorndike, Watson, Clark Hull, Edwin Gutherie, Skinner, Bloom, Krathwohl, Kolb, Honey&Munford, Habernas *sopo ae yoh iku mau….

Haduwh, banyak banget teori tentang belajar_sampe bingung ndiri jadinya. Ehm, aku sendiri kurang begitu suka ribet mulu sama teori2 yang segitu banyaknya. Yah, mo gimana lagi kayaknya aku tipe siswa yang pragmatis (menurut teori humanistik yang dipaparkan sama Honey&Mumford), nggak suka terlalu ribet sama teori2, mungkin cenderung suka yang praktis2 hehe.

Aku dah ngumpulin makalah dari temen2, bahkan minta dikirim juga via e-mail. Alhasil, kebanyakan bahan jadi tambah ribet ndiri. Haduh, what should I do, then? *sambil mikir2 besok soal ujian yang keluar gimana yaaaa…hehe.

baru aja, aq baca update profil temen sekelasku yang isinya tntang sebuah pertanyaan apa bedanya guru sama pendidik (kata temenku, soal ini kemungkinan keluar waktu ujian besok hihihi). Hmmmm…bukannya guru sama pendidik itu sama ajah? guru itu pendidik, nah pendidik itu juga bisa disebut guru kan? guru tugasnya mendidik, nah pendidik yaaa…juga sama namanya ja pendidik jadi ya tugasnya ngasih  pendidikan. Huwaduh, apa yaaa? Hmm *masih mikir___

trus sekarang pertanyaan buat aku sendiri, “Am I a true learner?” Apa aku ini udah bener2 jadi seorang pembelajar? Wah, kadang masih aja alesan2 gak penting buat nunda2 waktu belajar (apalagi kalo udah kecantol duduk di depan tipi ato di depan kompi sambil ngenet). Jadinya kadang belajar asal2an, yah asal dapet nilai bagus itu dah cukup (padahal belum paham sama apa yang dipelajari). Malah waktu uas phonology kemaren, huwah… dari nomer awal sampe akhir nyontek semua (hiks…pengakuan dosa). Ujiannya kayak ngerangkum gitu, jadinya hampir sebagian besar temen sekelas pada open book. Trus juga dosennya (maafkan kami, pak) kayaknya udah tau kelakuan mahasiswa2nya yang pada grasak-grusuk waktu ujian, ya nggak ditegur juga siy. Aku jadi ngerasa sebagai mahasiswa durhaka, bukannya bener2 belajar buat nyiapin uas eh masih suka nyante2 aja niy, alhasil waktu ujian…hadjar sadjah__. Sedangkan buat uas besok? I’ll do my best, aku dah baca materi2nya berulang kali (moga2 aja sih masih nyangkut di otak hehe). Yah, I’m still trying to be a true learner, bukan sekedar jadi mahasiswa yang cuman mentingin IP. Need very hard work to do that (at least for a person just like me…)

Untuk apa menjadi pembelajar? Untuk belajar kah?

well, mungkin itu ajah dulu…

sekian dan terima kasih (halah!)

 

:: doakan daku, agar sukses ujian besok…

Bismillah___^^

June 3, 2009 - Posted by | Be a Learner, I just run!!! | , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: